5 Jembatan Paling Terkenal Di Dunia

By , - Minggu, 24 Juni 2012 | 10.00
Jembatan tak hanya berfungsi sebagai penghubung dua lokasi atau lebih, namun juga berfungsi sebagai infrastruktur bagi transportasi guna memperlancar aktifitas masyarakat dan guliran roda perekonomian. Namun demikian, pembangunan sebuah jembatan adakalanya juga diembel-embeli demi semacam entitas atau gengsi, atau demi mendapatkan kepuasan dari segi arsitektur, sehingga jembatan dibangun seindah dan semegah mungkin. Karena tujuan ini, maka berdiri lah jembatan-jembatan yang menurut penilaian orang sangat indah, sehingga terkenal hingga seluruh dunia.

Seperti dikutip Mionline dari laman touropia.com, ini lah jembatan-jembatan paling terkenal di dunia.

 
1. Ponte Vecchio
Secara harfiah, Ponte Vecchio merupakan jembatan tua yang dibuat di Abad Pertengahan di atas Sungai Arno, Florence. Jembatan ini terkenal lantaran memiliki toko-toko yang bisa disewa oleh pedagang perhiasan dan souvenir.




 

2. Golden Gate Bridge

Ini adalah jembatan gantung yang sangat panjang, di mana wilayah San Francisco dan Marin County utara terhubung oleh Golden Gate. Untuk membuatnya, dibutuhkan waktu selama 7 tahun dan selesai pada 1937.

Selain dikenal sebagai salah satu jembatan terpanjang di dunia, Golden Gate Bridge juga memiliki tampilan yang menarik dengan lapisannya yang berwarna merah bata. Tujuan pemilihan warna ini tentu untuk mengetahui lokasi itu saat tertutup kabut tebal.





 

3. Millau Bridge

Seolah ada banyak kabel putih di Millau Bridge. Tiang-tiang tinggi (343 meter) pun dipasang sebagai penopang yang sangat kuat. Banyak wisatawan yang terkagum-kagum dengan pesona yang ditawarkan di sebuah jembatan di atas Sungai Tarn ini.



4. Tower Bridge
Jika dilihat dari struktur yang ada, Tower Bridge menyerupai pintu gerbang kerajaan yang megah. Tapi ini hanyalah jembatan gantung yang dibangun di atas Sungai Thames, London. Tower Bridge dibangun pada 1886 dan baru selesai 8 tahun berikutnya.



5. Charles Bridge
Charles Bridge terkenal dengan gaya Gothic-nya yang berdiri di atas Sungai Vltava, Praha, Republik Ceko. Jembatan ini dibangun atas perintah Raja Charles IV pada 1357 dan baru selesai pada awal abad ke-15.

Charles Bridge menjadi jalur perdagangan yang paling penting untuk wilayah Eropa Timur dan Eropa Barat, sekaligus penghubung antara Kota Tua dan daerah sekitar Kastil Praha. Saat ini Charles Bridge cukup ramai pengunjung, pelukis atau pun pedagang.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net