5 Jembatan Tertinggi Di Dunia

By , - Sabtu, 16 Juni 2012 | 01.30
Di bawah ini adalah daftar jembatan tertinggi di dunia dengan kriteria penilaian berdasarkan ketinggian struktur jembatan. Ketinggian struktural jembatan adalah jarak vertikal maksimum dari titik paling atas jembatan, seperti puncak sebuah menara jembatan di jembatan gantung, turun ke titik terendah terlihat dari jembatan, hingga ke tanah atau permukaan air di bawah jembatan. Berikut 5 jembatan tersebut:

1. Jembatan Millau (Tinggi 341 m)
Jembatan Millau (le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan yang bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dengan arsitek Britania, Lord Foster, Millau merupakan jembatan “vehicular” tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter; sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.



Jembatan Millau (sumber: typepad.com)




Jembatan Millau (sumber: hilman.web.id)



2. Jembatan Sungai Sutong Yangtze (Tinggi 306 m)
Jembatan Sungai Sutong Yangtze adalah jembatan kabel tetap yang membentang diatas Sungai Yangtze di Cina antara Nantong dan Changshu, sebuah kota satelit dari Suzhou, di provinsi Jiangsu. Dengan rentang 1.088 meter, jembatan ini adalah jembatan kabel dengan rentang utama terpanjang di dunia pada 2010. Dua bentang samping masing-masing 300 meter, dan ada juga empat rentang kabel kecil. Jembatan ini menerima penghargaan Prestasi 2010 Teknik Sipil Posisi (OCEA) dari American Society of Civil Engineers.




Jembatan Sungai Sutong Yangtze (sumber: consulting.at)







Jembatan Sungai Sutong Yangtze (Sumber: hpdi.com.cn:8005)



Dua menara jembatan memiliki tinggi 306 meter dan dengan demikian tertinggi ke tiga di dunia. Panjang jembatan total 8.206 meter. Konstruksi dimulai pada bulan Juni 2003, dan jembatan itu terkait pada bulan Juni 2007. Jembatan itu dibuka untuk lalu lintas pada tanggal 25 Mei 2008 dan secara resmi dibuka pada 30 Juni 2008. Konstruksi jembatan ini menghabiskan biaya sekitar US $ 1,7 miliar.


3. Jembatan Akashi-Kaikyo (Tinggi 298.3 m)
Jembatan Akashi-Kaikyo adalah jembatan gantung (suspension bridge) di atas selat Akashi yang menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota Awaji di pulau Awaji, Jepang. Jembatan tol Akashi-Kaikyo terlihat indah di waktu malam dengan gemerlap lampu-lampu beraneka warna, sehingga jembatan ini juga dikenal dengan nama Pearl Bridge (jembatan mutiara). Jembatan ini panjangnya 1990 meter dan merupakan jembatan terpanjang di dunia.




Jembatan Akashi-Kaikyo (sumber: flickr.com)







Jembatan Akashi-Kaikyo (sumber: imageshack.us)



Sebelum Jembatan Akashi-Kaikyo dibangun, kapal feri merupakan satu-satunya sarana transportasi yang dipakai untuk menyeberangi derasnya selat Akashi. Di tahun 1955, terjadi tabrakan akibat cuaca buruk di Laut Pedalaman Seto antara 2 kapal feri dengan korban 168 tewas yang sebagian besar anak-anak sekolah yang sedang studi wisata. Kemarahan masyarakat mendorong pemerintah Jepang untuk mulai merancang jembatan-jembatan yang menghubungkan pulau-pulau di Laut Pedalaman Seto, termasuk di antaranya jembatan gantung di atas selat Akashi. Pada mulanya, Jembatan Akashi-Kaikyo dirancang untuk dilewati kendaraan bermotor dan kereta api, tapi pada saat proyek pembangunan diumumkan pada bulan April 1986 ternyata jembatan hanya untuk dilewati kendaraan bermotor saja (semuanya ada 6 jalur). Pembangunan fisik dimulai tahun 1988 dan jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 5 April 1998.


4. Jembatan Stonecutters (Tinggi 298 m)
Jembatan Stonecutters adalah jembatan kabel yang melintas di Selat Rambler di Hong Kong, menghubungkan Nam Wan Kok, Pulau Tsing Yi dan Pulau Stonecutters. Dek jembatan selesai dibangun pada tanggal 7 April 2009, membuat jembatan ini terpanjang kedua dalam rentang kabel tetap di dunia, dan dibuka untuk lalu lintas umum pada 20 Desember 2009. Konstruksinya, dimulai pada tanggal 27 April 2004 oleh beberapa perusahaan seperti Maeda-Hitachi-Yokogawa-Hsin Chong. Menghabiskan dana sebesar HK $ 2.760.000.000.




Jembatan Stonecutters (Sumber: arup.com)







Jembatan Stonecutters (Sumber: life-fashion.com)



5. Great Belt Fixed Link (Tinggi 254 m)
Great Belt Fixed Link adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara Denmark dan Funen di Great Belt. Jembatan ini merupakan jembatan gantung yang terdiri dari jalan raya dan terowongan kereta api antara Zealand dan pulau Sprog. Jembatan ini memiliki rentang ketiga utama terpanjang di dunia (1,6 km) dan tinggi konstruksi mencapai 254 m. (**)



Great Belt Fixed Link (Sumber: nathanfoto.com)




Great Belt Fixed Link
Share Google + Share Twitter
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net