Tempat Suci Rerunik Di Dunia

By , - Jumat, 10 Agustus 2012 | 19.00
TEMPAT suci biasa dipakai untuk berdoa atau melakukan spiritual lainnya. Tapi juga bisa Anda jadikan tujuan wisata yang menarik. Nah, untuk membantu Anda, kami kutip dari laman discovery.com
 
1.Hanging Monastery 
Jika dilihat dari letaknya, kompleks kuil Buddha di Gunung Hengshan, China ini memang berada di tempat yang unik sekaligus ekstrim. Seolah menempel pada tebing yang tingginya mencapai 250 meter di atas tanah.

Selain kuil, Hanging Monastery pun memiliki patung-patung yang terbuat dari perak, emas dan tanah liat. Ini merupakan salah satu tempat yang mewakili ajaran Konghucu, Buddha dan Tao.

Hanging Monastery atau yang dikenal sebagai Xuankong Si dibangun pada tahun 491 dan sudah direnovasi dua kali oleh Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1644-1911).

2. Wat Phra Dhammakaya 
Keunikan dari tempat suci di Thailand ini disebabkan oleh bentuknya yang menyerupai benda asing seperti UFO (Unidentified Flying Object). Namun, bagian atapnya tetap diberi warna emas, layaknya kuil pada umumnya.

Wat Phra Dhammakaya didirikan pada tahun 1970 dan merupakan tempat suci bagi Gerakan Dhammakaya, sekte Buddha yang cukup controversial. Ada banyak pengikutnya dan dalam kurun waktu 49 hari, seratus ribu orang sudah terdaftar sebagai biarawan.

3. Chimi Llakhang 

Chimi Llakhang adalah sebuah kuil Buddha yang terletak di dekat Punakha, Bhutan. Dibangun oleh Drukpa Kinley pada abad ke-15 dan dikenal sebagai "ajaran yang aneh" lantaran menghendaki perilaku sex, alkohol dan bentuk-bentuk hujatan.

Untuk menghormati warisan kuno, beberapa lukisan warna-warni, ukiran phalluses dan 100 bendera keagamaan diabadikan di seluruh pekarangan kuil. Uniknya lagi, bagi anak perempuan Bhutan sering pergi ke sini untuk melakukan ritual kesuburan.

4. Karni Mata

Kegiatan spiritual yang dilakukan di kuil India ini terbilang unik. Ribuan tikus menjadi syarat utama dalam ritual. Meski terlihat menjijikan, tapi tikus dianggap mereka sebagai reinkarnasi dari manusia yang pernah hidup.

Karni Mata didedikasikan untuk seorang perempuan Hindu Karni Mata yang dipuja oleh pengikutnya sebagai inkarnasi dari Dewi Durga.

5. Santa Croce

Tidak semua tempat suci mementingkan kebatinan, terkadang memerlukan perilaku yang nyleneh (aneh). Di Santa Croce, Venesia, Italia, Anda bisa menyaksikan aksi-aksi selebriti dan tokoh penting seperti Madonna.

Santa Croce awalnya terbentuk oleh ide seorang biarawati yang pernah menjadi penari klub malam. Sayangnya, tempat suci ini reputasinya telah hilang lantaran Paus Benediktus XVI memerintahkan untuk menutup Santa Croce.

6. Meteora

Terletak di Kalampaka, Yunani dan dikenal sebagai biara Ortodoks Timur yang dibangun pada abad ke-11. Meteora memiliki menara batu yang berumur 60 juta tahun yang sudah terdaftar dalam Situs Warisan Dunia.

7. Trappists

Trappists dikenal secara resmi sebagai Ordo of Cistercians of the Strict Observance, kelompok biara Katolik di Belgia yang kuat. Mereka bedoa secara diam dan begitu serius. Namun uniknya, di tempat suci ini terdapat aneka bir yang layak Anda cicipi.

8. Tiger Temple 
Jika Anda seorang penyayang binatang, kenapa tidak berkunjung ke Kanchanaburi, Thailand ? Tiger Temple atau Wat Pha Luang Ta Bua merupakan sebuah biara yang dihuni oleh harimau-harimau yang terlantar dan tidak memiliki orang tua.

Tiger Temple didirikan pada tahun 1994, sebagai tempat perlindungan hewan. Kuil ini menerima anak pertama harimau pada tahun 1999 dan saat ini memiliki hampir 100 harimau tanpa ibu.

9 Khajuraho 
Beragam ukiran batu erotis terlihat di Khajuraho, Madhya Pradesh, India. Patung berbentuk pria berpakaian minim dan patung perempuan menunjukkan alat vitalnya. Ini merupakan kuil Hindu yang dibangun sekitar abad 10 dan 11. (MI/ICH)
Share Google + Share Twitter
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net