9 Gereja Terindah Di Dunia

By , - Minggu, 09 September 2012 | 05.00

Bila Anda amati secara detil, tempat peribadatan seperti gereja pasti memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dari tempat peribadatan lainnya. Ciri khas dan keunikan tersebut bisa dilihat dari arsitekturnya maupun interior yang menghiasi bangunan tersebut. Bila Anda berkesempatan untuk mengunjungi suatu negara mampirlah sejenak untuk mengunjungi tempat peribadatan yang ada di kota tersebut. 


Di dunia ini banyak terdapat tempat peribadatan yang menarik untuk dikunjungi, mengunjungi tempat peribadatan tersebut Anda akan menambah wawasan tentang sejarah dari bangunan tersebut. Berikut kami sajikan beberapa gereja terindah di dunia yang bisa menjadi tempat wisata menarik untuk Anda kunjungi.

1.Gereja Hallgrimskirkja

Gereja yang berada di Islandia ini merupakan gereja tertinggi dan terbesar di negara tersebut dengan ketinggian mencapai 74,5 meter. Gereja ini dibangun pada abad ke-17 dalam pembangunannya membutuhkan waktu sekitar 38 tahun. Bentuk dari bangunan gereja ini seakan mempresentasikan bentuk gunung api yang tinggi hal ini dapat dilihat dari menara-menara gereja ini yang menjulang tinggi dan berbentuk lancip.

2.St Peter's Basilica

Bagi kalangan umat Nasrani khususnya umat Katolik pasti sudah tak asing lagi dengan tempat peribadatan ini. St Peter's Basilica, Vatikan merupakan bangunan keagamaan terbesar di dunia bagi umat Kristen Katolik. Luas gereja ini mencapai 2,3 hektare sehingga dapat menampung 60.000 jemaah. Keseluruhan bangunan gereja ini dirancang oleh arsitek kenamaan yaitu Donato Bramante. Sedangkan kubah gereja didesain oleh Michaelangelo dan alun-alun pelataran utamanya didesain Gian Lorenzo Bernini.

3.Katedral St Basil

Katedral St Basil terletak di pinggiran kota Moskow, Rusia. Gereja ini merupakan gereja ortodoks Rusia yang memiliki kubah-kubah yang berwarna-warni dengan berbentuk seperti bawang.

4.Katedral Las Lajas
Gereja yang terletak di lereng sungai Guaitara, Spanyol ini dibangun pada tahun 1916 dengan arsitektur bergaya Gothik. Menurut kepercayaan penduduk setempat bunda Maria pernah terlihat di gereja ini.

5.Hagia Sophia
Turki memang negara yang memiliki percampuran dua kebudyaan yaitu asia dan eropa maka tak heran negara ini memiliki memiliki berbagai bagunan yang menarik dan artistik, salah satunya adalah Gereja Hagia Sophia. Gereja ini merupakan salah satu contoh arsitektur Byzantium yang masih bertahan dengan ciri khas kubah besar dan interior yang dihiasi mozaik, patung marmer, dan susunan batu cantik.

Pada awalnya bangunan ini diperuntukan untuk tempat peribadatan ummat kristen, namun seiring perjalanan gereja ini di bangun ulang lalu dijadikan tempat peribadatan bagi ummat kristen ortodoks. Ketika kota ini jatuh ketangan Turki pada tahun 1453 gereja ini dialih fungsikan menjadi masjid, namun akhirnya tempat ini dijadikan museum.

6.Sagrada Familia
Kota Barcelona tak hanya terkenal dengan klub sepakbolanya yang sensasional yaitu Bacelona FC, Kota ini juga terkenal dengan bangunan-bangunan yang artistik dan unik. Salah satunya adalah gereja Sagrada Familia, gerja katolik Roma ini kaya dengan desain-desain simbol kristen, dan juga interior yang menggambarkan kelahiran, kehidupan, kematian, dan kebangkitan Sang Kristus.

7.Notre Dame 

Gereja Notre Dame terletak di kota Paris, Perancis. Gereja ini dibangun pada abad ke-18 yang bertepatan dengan meletusnya revolusi Prancis. Gereja ini merupakan Katedral Eropa pertama yang dibuat dalam skala monumen yang sebenarnya. Dibutuhkan waktu 200 tahun untuk menyelesaikan pembangunan katedral ini.

8.Gereja Jubilee
Gereja yang dibangun pada tahun 1996 ini merupakan sebuah gereja dengan arsitektur modern yang ada di kota Roma. Gereja ini memiliki tembok berliku yang didesain untuk meminimalisir masuknya panas ke dalam interior gereja, dan juga sebagai metafora religius.

9.Katedral Crystal

Gereja yang terletak di kota California memiliki keunikan yang menarik yaitu seluruh bangunan gereja ini terbuat dari kaca yang didesain seperti sarang laba-laba dari baja. Didalam gereja ini terdapat 16.000 pipa organ yang disebut Hazel Wright Pipe Organ. Pipa Organ ini merupakan pipa organ terbesar yang ada di dunia.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net