Negara-negara terluas di Dunia

By , - Rabu, 05 Desember 2012 | 16.00

Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang mempunyai rakyat dalam suatu wilayah tersebut, dengan sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini. Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tertentu tempat negara itu berada. Hal lain adalah apa yang disebut sebagai kedaulatan, yakni bahwa negara diakui oleh warganya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayah tempat negara itu berada.

1. Russia

Area of the Country: 17,098,242 km² (6,601,668 miles²)

Rusia adalah semi-presidensial, yang terdiri dari 83 subyek federal. Negara ini berbatasan dengan negara-negara berikut (dari barat laut ke tenggara): Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Cina, Mongolia dan Demokratik People's Republic of Korea. Juga memiliki batas maritim dengan Jepang (oleh Laut Okhotsk) dan Amerika Serikat (oleh Selat Bering). Pada 17.075.400 kilometer persegi (6.592.800 mile²), Rusia sejauh ini adalah negara terbesar di dunia, mencakup lebih dari seperdelapan dari luas daratan bumi, dengan 142 juta jiwa penduduk, itu merupakan populasi terbesar kesembilan dunia. Rusia meluas ke seluruh bagian utara Asia dan 40% dari Eropa, yang mencakup 11 zona waktu, dan menggabungkan berbagai lingkungan dan bentang alam. Rusia memiliki cadangan terbesar mineral dan sumber daya energi, dan bisa juga disebut negara superpower. Rusia memiliki energi terbesar di dunia, cadangan hutan dan danau-danau berisi kira-kira seperempat kuantitas dari air tawar seluruh dunia.

2. Canada


Area of the Country: 9,984,670 km² (3,855,100 miles²)

Kanada adalah negara yang menempati sebagian besar dari bagian utara Amerika Utara, membentang dari Samudera Atlantik di timur ke Samudera Pasifik di barat dan utara ke Samudra Arktik. maka Kanada menjadi negara terbesar kedua dunia, dengan total luas dan batas negara terpanjang di dunia perbatasan bersama dengan Amerika Serikat di selatan dan barat laut. Sebuah federasi yang terdiri dari sepuluh provinsi dan tiga wilayah, Kanada adalah negara demokrasi parlementer dan monarki konstitusional, dengan Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Memiliki dua bahasa dan negara multikultural, dengan kedua bahasa Inggris dan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi baik di tingkat federal dan di provinsi New Brunswick. Teknologi maju dan industri, Kanada mempunyai ekonomi yang terdiversifikasi yang bergantung pada sumber daya alam yang melimpah dan pada perdagangan-terutama dengan Amerika Serikat, Kanada adalah anggota G8, NATO, OECD, WTO, the Commonwealth of Nations, the Francophonie, the OAS, APEC, dan the United Nations (PBB).

3. People's Republic of China

Area of the Country: 9,596,961–9,639,688 km² (3,705,407–3,721,904 miles²)

Republik Rakyat Cina secara umum dikenal sebagai Cina, merupakan negara terbesar di Asia Timur dan paling padat penduduknya di dunia dengan lebih dari 1,3 miliar jiwa, sekitar seperlima dari penduduk dunia. RRC adalah sebuah republik sosialis yang diperintah oleh Partai Komunis Cina di bawah sistem partai tunggal, dan memiliki yuridiksi atas dua puluh dua provinsi, lima daerah otonom (Xinjiang, Mongolia Dalam, Tibet, Ningxia, dan Guangxi), empat kotamadya (Beijing, Tianjin, Shanghai, dan Chongqing), dan dua daerah otonomi penuh atau disebut juga Daerah Administratif Khusus (Hong Kong dan Makau). Ibu kotanya ialah Beijing. Pada kira-kira 9,6 juta kilometer persegi (3,7 juta mil persegi), maka RRC adalah terbesar dunia ketiga atau negara terbesar keempat dengan total luas, dan yang kedua dengan luas daratan terbesar. Memiliki hutan beragam dengan stepa dan gurun (Gobi dan Taklamakan) di utara kering dekat Mongolia dan Siberia Rusia, dan hutan subtropis di selatan dekat ke Vietnam, Laos, dan Myanmar. Struktur daratan sebelah barat adalah kasar dan merupakan dataran tinggi, dengan Himalaya dan pegunungan Tian Shan membentuk perbatasan alami Cina dengan India dan Asia Tengah. Sebaliknya, cina daratan pesisir timur adalah dataran rendah dan memiliki panjang 14.500 kilometer garis pantai di sebelah tenggara dibatasi oleh Laut Cina Selatan dan di sebelah timur dengan Laut Cina Timur yang terletak di luar Taiwan, Korea, dan Jepang

4. The United States of America

Area of the Country: 9,629,091 km² (3,717,813 miles²)

Amerika Serikat adalah negara konstitusional republik federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan distrik federal. Negara ini terletak di pusat sebagian besar Amerika Utara, dimana berdekatan 48 negara bagian dan Washington DC, ibukota kabupaten, terletak antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik, berbatasan dengan Kanada di sebelah utara dan Meksiko di sebelah selatan. Negara bagian Alaska adalah di barat laut benua, dengan Kanada ke timur dan Rusia di barat melintasi Selat Bering. Negara bagian Hawaii adalah sebuah kepulauan di pertengahan Pasifik. Negara ini juga memiliki beberapa wilayah, atau daerah pulau, di Karibia dan Pasifik. Pada 3.79 juta mil persegi (9,83 juta km²) dan dengan sekitar 307 juta orang, Amerika Serikat adalah yang ketiga atau keempat negara terbesar dengan total wilayah, dan terbesar ketiga dengan luas lahan dan jumlah penduduk. Amerika Serikat adalah salah satu negara yang paling beragam etnis dan multikultural bangsa-bangsa, imigrasi skala besar dari banyak negara. Perekonomian AS merupakan perekonomian nasional terbesar di dunia, dengan perkiraan 2008 produk domestik bruto (PDB) sebesar US $ 14.3 triliun (23% dari total dunia berdasarkan GDP nominal dan hampir 21% paritas daya beli).

5. Brazil

Area of the Country: 8,511,965 km² (3,286,115 miles²)

Brazil adalah negara terbesar kelima oleh wilayah geografis, menempati hampir setengah dari Amerika Selatan, kelima negara paling padat penduduknya, dan yang keempat demokrasi yang paling padat penduduknya di dunia. Berbatasan oleh Samudera Atlantik di timur, Brazil memiliki garis pantai lebih dari 7.491 kilometer (4.655 mil). Hal ini dibatasi di utara oleh Venezuela, Guyana, Suriname dan departemen seberang laut Perancis, Guyana Perancis, di sebelah barat laut oleh Kolombia, di sebelah barat oleh Bolivia dan Peru, di barat daya dengan Argentina dan Paraguay dan di selatan oleh Uruguay. Banyak kepulauan merupakan bagian dari wilayah Brazil, seperti Fernando de Noronha, Rocas Atoll, Saint Peter dan Paul Rocks, dan Trindade dan Martim Vaz. Federasi ini dibentuk oleh serikat Distrik Federal, 26 Serikat, dan 5.564 Kota. Brazil adalah negara kesepuluh di dunia dengan perekonomian terbesar pada nilai tukar pasar dan kesembilan terbesar oleh daya beli. Reformasi ekonomi telah memberikan negara proyeksi. Brasil secara internasional adalah anggota pendiri PBB dan Persatuan Bangsa-Bangsa Amerika Selatan. Agama didominasi Katolik Roma, yang berbahasa Portugis, dan masyarakat multietnis, Brazil adalah juga rumah bagi keragaman satwa liar, lingkungan alam, dan sumber daya alam yang luas di berbagai habitat yang dilindungi.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net