Terowongan Kereta Api Terpanjang di Dunia

By , - Minggu, 16 Desember 2012 | 03.00
Teknologi konstruksi saat ini sudah semakin berkembang begitu pesat.
Hal ini dibuktikan dengan telah banyak dibuatnya terowongan-terowongan kereta api baik yang terdapat di bawah permukaan laut maupun yang terdapat dibawah tanah.
Dan tentunya hal itu tidak terlepas dengan semakin maju dengan pesatnya teknologi dunia konstruksi saat ini.
Berikut ane ajak agan-agan ngelihat beberapa terowongan kereta api terpanjang sejagad

1. Terowongan Seikan
Seikan Tunnel:

Terowongan Seikan adalah terowongan untuk jalur rel kereta api sepanjang 53,85 km di Jepang, dimana sekitar 23,3 kilometer dari terrowongan tersebut berada di dasar laut.
Terowongan ini terletak sekitar 140 meter di dasar laut atau dengan kedalaman 240 meter (790 kaki) di bawah permukaan laut.
Terowongan ini berada di bawah Selat Tsugaru yang menghubungkan profinsi Aomori di pulau Honshu jepang dan pulau Hokkaido dan merupakan bagian dari Kaikyo Line of Hokkaido Railway Company.
Untuk saat ini, terowongan Seikan masih memegang rekor sebagai terowongan terpanjang sejagad, namun sebentar lagi, apabila Terowongan Gotthard Base, sebuah terowongan kereta api Eropa, selesai di buat pada sekitar 2018 nanti, maka rekor tersebut akan berubah, karena terowongan baru tersebut bukan hanya yangterpanjang, melainkan juga merupakan terowongan rel kereta api terdalam sejagad.

2. Terowongan Channel
Channel Tunnel:

Terowongan Channel adalah terowongan bawah rel kereta api bawah laut dengan panjang 50,5 kilometer atau 31,4 mi yang menghubungkan Folkestone, Kent dekat Dover di Inggris Raya dengan Coquelles, Pas-de-Calais dekat Calais di utara Perancis, dan terletak di bawah Selat Dover, Inggris.
Memiliki kedalaman 75 meter dibawah laut dimana sekitar 37,9 kilometer dari terowongan tersebut berada di dasar laut.
Terowongan ini menduduki urutan kedua setelah Terowongan Seikan di Jepang yang secara keleseluruhan memiliki panjang 53,85 kilometer dan lebih dalam 240 meter di bawah permukaan laut.

3. Terowongan Lötschberg Base
Lötschberg Base Tunnel:

Terowongan Lötschberg Base adalah terowongan kereta api baru dengan panjang 34,577 km yang memotong Pegunungan Alpen Swiss.
Ini adalah yang menembus pegunungan yang terpanjang sejagad.
Memiliki kedalam 400 m dibawah pegunungan. Terowongan ini dibuat pada April 2005, dan konstruksinya berakhir pada tahun 2006.
Pembukaan terowongan berlangsung pada Jumat 15 Juni 2007. Operasi skala penuh baru dimulai pada 9 Desember 2007.

4. Terowongan Guadarrama
Guadarrama Tunnel:

Terowongan Guadarrama adalah terowongan kereta api berkecepatan tinggi untuk rute Madrid-Valladolid di Spanyol.
Terowongan ini memiliki dua tabung.
Tabung sebelah barat sepanjang 28,407 km dan tabung sebelah timur sepanjang 28,418 km dan merupakan terowongan terpanjang di Spanyol.
Terowongan dibuka untuk umum pada Desember 2007.
Terowongan ini hanya digunakan oleh kereta-kereta api berkecepatan tinggi.

5. Terowongan Iwate-Ichinohe
Iwate-Ichinohe Tunnel:

Terowongan Iwate-Ichinohe adalah terowongan kereta api di Jepang sepanjang 25,810 km, yang menghubungkan Tokyo dengan Aomori.
Ketika dibuka pada tahun 2002, terowongan ini sempat memegang rekor sebagai terowongan terpanjang sehagadm, namun pada Juni 2007 rekor tersebut berpindah tempat setelah pembukaan Terowongan Lötschberg Base.
Terowongan terletak 545 km dari Stasiun Tokyo.
Survei dimulai pada tahun 1988. Pada 1991 dimulai konstruksinya, dan selesai pada tahun 2000. Baru pada tahun 2002 terowongan ini di buka untuk umum. Maksimum kedalamannya adalah sekitar 200 m. yang ada saat ini.
Share Google + Share Twitter
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net