Inilah 10 Pasukan Elit di Dunia

By , - Kamis, 14 Maret 2013 | 01.00
Inilah 10 Pasukan Elit di Dunia - Kesuksesan pasukan Amerika menggulung gembong teroris top Osama Bin Laden kemarin kembali meningkatkan citra pasukan US Navy Seal, ya karena Navy Seal lah dibalik tewasnya Osama. Mengenai keberhasilan Navy Seal ini tentu tidak mengherankan lagi sebab di Amerika sana Navy Seal memang pasukan elit. Nah di postingan kali ini kita mengungkap 10 pasukan elit didunia versi majalah Time (dan tentu saja Seal ikut masuk daftar), dan jangan heran jika Time memasukkan tentara elit yang bahkan sudah ada puluhan tahun silam.

Navy SEALs

http://www.didunia.net/
Pasukan Elit di Dunia
Navy Seal sedang menikmati popularitas setelah menewaskan Osama, namun sebelumnya kesatuan ini memang dikenal sebagai pasukan elit dan sering diterjunkan untuk misi-misi spesial. SEALs, singkatan dari Sea, Land and Air, dibentuk tahun 1961 atas perintah President John F. Kennedy yang menyadari pentingnya strategi perang 'Tidak Biasa' untuk menghadapi kondisi Vietnam. tidak lama kemudian pasukan ini terjun ke Asia Tenggara. SEALs juga beroperasi di medan konflik besar seperti Gulf, Bosnia, Afghanistan dan Iraq, dan juga misi strategis di Grenada dan Panama. Uniknya team yang menangkap Usama sebelumnya sukses diterjunkan menangkap perompak Somalia tahun 1999.

The Immortals

Immortal bukanlah pasukan jaman modern, malah pasukan ini hadir di Jaman Persia (sebagai tentara Persia tentunya). Sejarawan Yunani,Herodotus melukiskan pasukan ini sebagai Pasukan Abadi (Immortal) karena kehebatannya. Dengan kekuatan 10.000 para Immortal waktu itu memiliki keahlian pedang dan memanah, mereka sangat dihormati bahkan diizinkan membawa pengiring dan selir sendiri. Beberapa tahun kemudian Syah Iran menjuluki pasukan elitnya dengan nama Javidan yang artinya juga sama dengan Immortal. Sayangnya nama besar tidak berpengaruh ketika Syah Iran digulingkan oleh revolusi Islam.

The Brigade of Gurkhas

Brigadir Gurkha adalah tentara Nepal yang berada dibawah kesatuan pemerintah Inggris, namanya berasal dari pegunungan yang membentang dari Nepal ke India. Mereka menjadi bagian tentara Inggris ketika tahun 1815 mereka didorong bergabung dengan EIC (VOC-nya India) untuk menjaga perdamaian India, Mereka telah berjuang dalam Perang Falklands, Perang Teluk, dengan NATO, di Irak dan Afghanistan dan mereka ikut misi penjaga perdamaian PBB ke Bosnia. Sampai hari ini, tidak ada seorang tentara Gurkha pun tanpa pisau Kukri tuanya, belati melengkung untuk bela diri yang diwariskan dari generasi ke generasi.

The Knights Hospitaler

Dominique-Louis Papety (1815 to 1849)
The Knights Hospitaler mendapatkan nama mereka dari asal ordo monastik awal di Yerusalem, para peziarah Kristen cenderung sakit dan terluka di puncak Perang Salib.Selama bertahun-tahun Knight Hospitalier memimpin pertahanan tanah suci Jerussalem. Walaupun mereka menjaga Jerussalem namun pusat kekuatan mereka yang sebenarnya di tengah Laut Tengah, di Pulau Malta, inilah kenapa mereka juga disebut Knights of Malta - disana mereka menjalankan negara mereka sendiri. Pada 1565, tentara Utsmani berusaha untuk menyerang dan merebut pulau, tapi Ksatria memukul mundur serangan setelah lima bulan pertempuran brutal. Kemenangan tersebut membuat Knight of Malta dikenang sebagai legenda.

Special Air Service

Special Air Services dibentuk di Libya awal 1940-an, merupakan cabang militer Inggris yang beroperasi di belakang daerah musuh di Afrika Utara, dan berhasil. SAS menghancurkan ratusan pesawat Nazi, membebaskan tentara sekutu yang ditahan dan bahkan berusaha menculik Field Marshal Erwin Rommel, komandan atas Nazi Jerman di Afrika (namun rencana ini tidak berhasil). SAS dibubarkan di akhir perang dunia II namun kemudian direformasi dan kembali aktif berkiprah, salah satunya pembebasan Kedubes Iran di London tahun 1980. Sekarang mereka terjun di Afganistan, Iraq, dan Somalia. Slogan mereka adalah 'Who Dares Wins'

Green Berets

Green Baret adalah pasukan Amerika paling elit (baret mereka tidak selalu hijau lho). adalah pasukan yang dibentuk tahun 1952 untuk kegiatan kontraintelijen mulai dari perang Vietnam sampai memerangi pengedar narkoba Kolombia. Motto mereka adalah De Oppresso Liber atau membebaskan yang tertindas. Selain kemampuan bertempur pasukan juga terampil dalam bahasa, budaya, diplomasi, politik dan taktik psikologis seperti menyebarkan informasi palsu, ini memberi mereka reputasi tentara senyap Amerika. Saat ini Green Baret sedang banyak digunakan dalam pelatihan pasukan asing di Afghanistan sampai negara ini akhirnya dapat mengambil alih operasi keamanannya sendiri.

The Varangian Guard

The Varangians, dianggap sebagai keturunan pelayar Viking awal, mendirikan pemukiman di aliran sungai yang sekarang wilayah Ukraina, Belarus dan Rusia. Kecakapan dalam pertempuran membuat mereka disegani di dunia Mediterania. Pada awal abad ke 11 Masehi, kaisar Bizantium Basil II berkuasa mengumpulkan pengawal pribadi Varangians, daripada orang Yunani setempat, karena takut intrik-intrik dan pengkhianatan para bangsawan. Selama dua abad berikutnya, Varangians menempati peringkat elit tentara kekaisaran, mengenakan baju besi berat dan sering menghunus kapak besar. Catatan dan prasasti menunjukkan orang-orang Skandinavia meninggalkan rumah mereka untuk berperang bersama bangsa Yunani. Akhirnya, , seperti Garda Praetoria elit kekaisaran Romawi, pasukan Varangian ikut lenyap bersama runtuhnya kekaisaran Bizantium.

The Hashishin
http://www.didunia.net/

Pada abad ke-12 dan 13 AD, sekte Syiah Ismailiyah memisahkan diri menemukan suara politik dan bela diri dalam bentuk Hashishin. Organisasi ini hadir ketika Timur Tengah sedang bergolak dengan Perang Salib dan Invasi Turki, konon nama Hashishi berasal dari nama ganja, karena beberapa ritual menggunakan ganja. Hassan i Sabah (gambar diatas) adalah pendiri Hashishin abad 11 SM dan mendirikan kastil mereka yang bernama Alamut yang sekarang masuk wilayah Iran. Keterampilan A Hashishin dengan pedang, dalam legenda setidaknya, tak tertandingi. Dan juga kemampuan diam-diam membunuh lawan politik mereka. Kata Assasin bahasa Inggris dari pembunuh diambil dari nama kelompok ini.

Israeli Special Forces

Pasukan khusus Israel, yang dibentuk pada tahun 1948 sebagai Peleton Reconnaissance Khusus, sekarang terdiri dari komando elit, kontrateroris, unit antiteroris dan rekonstruksi. Mereka membentuk baris pertama preemptive pertahanan bagi negara Yahudi dan memiliki nama unit seperti Batmen, ular bersayap dan Harimau Terbang. Pasukan rahasia telah berpartisipasi dalam beberapa operasi klandestin - baik di Israel dan di wilayah musuh - termasuk Raid terkenal di Entebbe tahun 1976, warga Israel yang disandera gerilyawan Palestina yang membajak sebuah pesawat Air France yang lepas landas dari Tel Aviv dan dialihkan oleh pembajak ke Uganda. Dalam salah satu tindakan yang paling terbaru, yang dilakukan bulan Mei 2010, pasukan khusus mencegat Marmara Mavi, sebuah kapal bantuan Turki yang mencoba untuk mematahkan blokade Israel di Jalur Gaza. Selama operasi sembilan aktivis warga Turki sebagian besar dari mereka, tewas. Sebuah kegemparan internasional pun terjadi di mana para anggota pasukan khusus dituduh menggunakan kekuatan mematikan. Penyelidikan Israel atas insiden ini menemukan bahwa pasukan bertindak membela diri dan karena itu tidak melanggar hukum internasional.

Jaguar Warriors
http://www.didunia.net/
Dalam kebudayaan Aztec, prajurit Jaguar adalah ksatria masyarakat. Tentu mereka tidak memiliki kuda atau baju zirah mengkilap, tetapi mereka memakai kulit jaguar sebagai seragam, kepala mereka menyembul dari perut menganga sebuah jaguar. Alih-alih pedang dan tombak, pejuang ini semacam tongkat dengan pecahan obsidian hitam - bergerigi, batu vulkanik. Catatan sejarah nampaknya mengindikasikan bahwa prajurit Jaguar menempati hirarki politik tinggi di Aztec dan berperang melawan ganasnya conquistadores Spanyol. Jelas senjata mereka kalah oleh teknologi mesiu.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net