Gunung Tertinggi di Dunia

By , - Rabu, 30 Oktober 2013 | 00.51
Gunung Tertinggi di Dunia - Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Selain itu gunung juga dapat berfungsi sebagai paru-paru dunia, di tempat gunung tertinggi didunia juga banyak orang-orang yang menacatatkan diri untuk menjadi pemuncak gunung pertama didunia sehingga gunung tertinggi ini menjadi ajang untuk mencatatkan diri di guinnes book of record.
Gunung Tertinggi di Dunia


10 Gunung tertinggi didunia

Berikut ini adalah 10 gunung tertinggi didunia.

1. Gunung Everest
Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung tertinggi didunia yang pertama adalah gunung Everest dalam bahasa Inggris (Mount Everest) adalah gunung tertinggi di dunia jika diukur dari paras laut dengan ketinggian mencapai 8.848 m. Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha bahasa Sanskerta untuk "Dahi Langit" dan dalam bahasa Tibet Chomolangma atau Qomolangma "Bunda Semesta", dilafalkan dalam bahasa Tionghoa pinyin: Zhūmùlǎngmǎ Fēng.

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.

2. Gunung Karakoram
Gunung Tertinggi di Dunia

Karakoram (atau Karakorum) adalah pegunungan besar yang terbentang di perbatasan antara Pakistan, India dan Cina. Pegunungan ini terletak di daerah Gilgit-Baltistan (Pakistan), Ladakh (India), dan daerah Xinjiang (Cina). Ini adalah salah satu Kisaran Asia Besar bagian dari Himalaya .

Karakoram adalah lokasi puncak lebih dari delapan kilometer (lima mil) di muka bumi. Ini termasuk termasuk Gunung K2, puncak tertinggi di dunia dunia (8611 m/28, 251 ft). K2 hanya 237 m (778 kaki) lebih rendah dari 8.848 m (29.029 ft) Gunung Everest. Pegunungan ini sekitar 500 km (311 mil) panjangnya, dan yang paling berat gletser di luar kutub. Diantaranya Gletser Siachen (70 km, Gletser Biafo (63 km). Pegunungan Karakoram di timur laut Dataran tinggi Tibet , dan di sebelah utara oleh Pegunungan Pamir. Ke timur adalah Gilgit , Indus dan Sungai Shyok.

3. Gunung Kangchenjunga
Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung tertinggi didunia yang ketiga adalah gunung Kangchenjunga (Nepali Kanchanjaŋghā) SewaLungma (Limbu) adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti "Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci.

4. Nanga Parbat
Gunung Tertinggi di Dunia

Nanga Parbat (Urdu) merupakan sebuah gunung di Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.126 m (26.660 kaki) dan merupakan gunung terbesar kesembilan di dunia. Dalam tingkat kesulitan, medan gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”.
Orang pertama yang mendaki di gunung ini ialah Hermann Buhl pada 3 Juli 1953.

5. Puncak Ismail Samani
Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung tertinggi didunia yang kelima adalah puncak Ismail Samani (bahasa Tajik: Qullai Ismoili Somonī) adalah gunung tertinggi di Tajikistan yang dinamai berdasarkan nama leluhur wangsa Samani, Ismail Samani. Dalam sejarah, gunung ini juga pernah menjadi gunung tertinggi di Kekaisaran Rusia dan Uni Soviet.

Saat ada puncak baru di Pegunungan Pamir yang lebih tinggi daripada Puncak Lenin ditemukan pada tahun 1928, puncak itu awalnya dikira sebagai Puncak Garmo. Akan tetapi, ekspedisi Soviet berikutnya membuktikan bahwa puncak baru itu bukan Puncak Garmo dan pada tahun 1933 dinamai Puncak Stalin. Nama itu diubah menjadi Puncak Komunisme pada tahun 1962, lalu Puncak Ismail Samani pada tahun 1998.
Pendakian pertama gunung ini dilakukan pada tanggal 9 September 1933 oleh Yevgeniy Abalakov.

6. Gunung Akonkagua
Gunung Tertinggi di Dunia

Akonkagua merupakan sebuah gunung di Argentina, dekat perbatasan Chili. Gunung ini terletak di bagian barat di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 6.962 m (22.841 kaki) dan merupakan gunung terbesar di benua Amerika. Tepatnya gunung ini di Provinsi Mendoza.
Orang pertama yang mendaki gunung ini adalah Matthias Zurbriggen pada tahun 1897.

7. Nevado Ojos del Salado
Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung tertinggi didunia yang ketujuh adalah gunung Nevado Ojos del Salado adalah sebuah stratovolcano besar yang terdapat di Pegunungan Andes di perbatasan Argentina-Chili, dan merupakan gunung api tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 6.893 m (22,615 kaki). Ia juga merupakan gunung kedua tertinggi di Belahan Bumi Barat dan Belahan Bumi Selatan serta yang tertinggi di Chili. Lokasinya ialah 600 kilometer (370 mil) sebelah utara dari Gunung Akonkagua, yaitu gunung tertinggi di Belahan Bumi Barat dengan ketinggian 6.962 m (22,841 kaki).

8. Huascarán atau Nevado Huascarán
Gunung Tertinggi di Dunia

Huascarán atau Nevado Huascarán adalah sebuah gunung di Cordillera Blanca, sebuah barisan pegunungan yang merupakan bagian dari Andes Barat. Dengan ketinggian 6.768 meter di puncak selatannya (Huascarán Sur), Huascarán adalah gunung tertinggi di Peru dan keempat di Amerika Selatan.

Puncak gunung ini dicapai untuk pertama kalinya pada tahun 1932 oleh sebuah ekspedisi gabungan Jerman-Austria. Puncak utaranya (Huascarán Norte) telah berhasil dicapai oleh sebuah ekspedisi Amerika Serikat pada tahun 1908.

9. Gunung Llullaillaco
Gunung Tertinggi di Dunia

Llullaillaco adalah stratovolcano di perbatasan Argentina (Provinsi Salta) dan Chili. Gunung ini terletak di Puna de Atacama, wilayah dengan puncak vulkanik yang sangat tinggi pada dataran tinggi di Gurun Atacama, salah satu tempat terkering di dunia.

10. Gunung Illimani
Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung tertinggi didunia yang kesepuluh adalah gunung Illimani merupakan sebuah gunung di Bolivia, dekat perbatasan Peru. Gunung ini terletak di bagian baratlaut di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 6.438 m (21.122 kaki) dan merupakan gunung terbesar kedua di Bolivia.
Orang pertama yang mendaki di gunung itu ialah Charles Wiener, J. de Grumkow, dan J. C. Ocampo pada tahun 1877.

Demikianlah info seputar gunung tertinggi didunia semoga dapat menambah pengetahuan anda.
Powered by Blogger | Google
Copyright © 2013 DiDunia.Net